Saturday 12 July 2014

Kereta Api Ekspres Pekalongan : Resmi Beroperasi

Transportasi Pekalongan - Berita gembira bagi pengguna jasa transportasi Kereta Api pada area pekalongan pada khusunya, karena pada hari Jumat, 11 Juli 2014 telah di resmikan " KA Pekalongan Ekspres " yang mempunyai rute Semarang Taan - Pekalongan.Lounching KA Pekaongan ini di lakukan oleh Kepala PT KAI Daop IV Semarang, WAWAN ARIYANTO.

Kereta ini kemudian mengawali perjalanan perdananya dengan melayani rute Semarang ke Pekalongan dan tiba di Pekalongan pada pukul 12.04 Wib. Menurut dari Kepala Stasiun Besar Pekalongan , Agus Purbayanto memaparkan, KA Pekalongan Ekspres resmi dilaunching, sekaligus melayani perjalanan pertamanya dari Stasiun Tawang pukul 10.30 dan kembali berangkat dari Stasiun Pekalongan pukul 13.10. “Hari ini resmi beroperasi setelah dilaunching. Besok dan seterusnya KA ini mulai beroperasi setiap hari.

Yang istimewa, KA Pekalongan Ekspres tidak hanya berhenti di stasiun pemberangkatan maupun stasiun tujuan saja. Pekalongan Ekspres juga berhenti di Stasiun Plabuhan. Seperti diketahui, Plabuhan merupakan wilayah pantai yang terletak di Kabupaten Batang dengan pemandangan pantainya yang indah.

Dengan adanya rute tersebut, dikatakan Agus, memberikan alternatif perjalanan bagi masyarakat. “Masyarakat Semarang maupun Pekalongan, bisa berhenti di Plabuhan untuk menikmati keindahan pantai disana. Begitu pula masyarakat Plabuhan yang selama ini tidak bisa kemana-mana, sudah bisa menggunakan kereta untuk menuju Semarang maupun Pekalongan,” imbuhnya. Seperti diketahui, Pekalongan Ekspres menjadi satu-satunya kereta di jalur pantura yang berhenti di Stasiun Plabuhan.

Dalam satu hari, kereta dengan lima rangkaian gerbong tersebut, hanya akan melakoni satu kali perjalanan pulang pergi dari Semarang Tawang menuju Pekalongan dan Pekalongan menuju Semarang Tawang. Rutenya, dari Semarang Tawang, KA akan berhenti di Stasiun Semarang Poncol, Weleri, Plabuhan dan Pekalongan, begitu juga sebaliknya.

Mengenai tarif Pekalongan Ekspres ?, Agus mengatakan untuk tujuan Semarang Tawang-Pekalongan, dikenakan tarif Rp40 ribu. Sementara jika ingin berhenti di Plabuhan, hanya dikenakan tarif Rp25ribu sekali pemberangkatan KA dengan kapasitas 530 penumpang sekali pemberangkatan itu.

“Untuk fasilitas, Pekalongan Ekspres sama dengan KA ekonomi lokal lainnya, tidak ada perbedaan yaitu kereta AC dengan toilet. Tidak ada perbedaan signifikan untuk fasilitas. Namun KA ini memberikan alternatif angkutan maupun rute perjalanan bagi masyarakat
Disqus Comments